Rabu, 08 Mei 2019

Penyebab Pedas pada Cabai

Penyebab Pedas pada Cabai


Apa penyebab pedas pada cabai? ini jawabannya – Semua orang sudah mengetahui bahwa cabai atau cabe itu pedas. Namun perlu diingat, pedas itu bukan rasa yang dapat dikecap oleh indra lidah. Lidah manusia hanya mengenal rasa pahi, manis, asin dan asam sesuai reseptor yang terdapat pada bagian-bagian lidah.

cabai,pedas,zat kimia,capsaicinoids
Cabai mengandung zat kimia capsaicinoids

Cabai menjadi salah satu bumbu penyedap masakan. Bagi seseorang seakan ada yang kurang kalau suatu masakan tidak diberi bumbu cabai. Namun demikian kebutuhan akan bumbu masak cabai berbeda-beda, tergantung pada kebiasaan dan selera masing-masing.


Ketika menyantap masakan yang diberi cabai yang banyak, kita akan kepedasan. Namun habis pedas pengin nagih lagi. Sebab, habis pedas timbulah enak!
 Simak juga : Sambalado itu pedas, Habis PedasKepingin Lagi!
Pedas merupakan sebutan pada saat kondisi lidah serta seisi mulut terasa panas dan terbakar serta sakit. Pada saat ini beberapa organ  tubuh secara alamiah akan meresponnya. Misalnya organ mata akan mengeluarkan air dan hidung akan meler serta telinga berdengung.

Dari berbagai sumber informasi dapat disimpulkan bahwa, rasa panas dan terbakar serta sakit pada lidah dan mulut disebabkan oleh zat kimia capsaicinoids. Zat kimia ini tak berbau dan tak berasa, tersebunyi di dalam bagian putih cabai dan menjadi sebab musabab cabai itu pedas.
 Baca juga : Cabai rawit,  Pedas Tapi Bikin Gemas
Zat kimia ini mengikat reseptor yang merespons rasa sakit di lidah dan mulut. Respon ini kemudian dikirim ke otak sehingga otak memerintahkan untuk mengusir rasa pedas secara spontan dan alamiah.

Proses metabolisme bagian tubuh akan meningkat, bahkan terjadi ganngguan pada sel saraf yang saling berhubungan seperti mata, telinga dan lidah. Itu sebabnya kenapa mata akan berair, telinga akan berdengung dan hidung akan meler.



Saat terjadi rasa sakit pada lidah dan mulut terjadi pelepasan endorfin secara alamiah. Endorfin adalah senyawa kimia yang mengusir rasa sakit alami. Senyawa ini membuat seseorang terasa nyaman, rileks dan tenang dan dihasilkan oleh tubuh melalui kelenjar pituitari.
 Simak juga : Kecil kecil Si Cabai Rawit
Pengeluaran endorfin untuk mengusir rasa sakit pada lidah dan mulut akan menyebabkan masakan menjadi enak dan lezat. Pedas namun nagih mencobanya lagi!.

------

Butuh Jasa Angkutan Barang Pindahan Bandung Murah 08122110949

Hubungi Kami :
Kontak Mobil Pickup Bandung
Bang Qee Praso : Tlp/Wa/Sms : 08122110949
Line: angkutanbandung.com