Rabu, 08 Mei 2019

Gangguan Kulit pada Manusia

Gangguan Kulit pada Manusia


Kelainan dan gangguan pada kulit manusia – Alat-alat ekskresi pada manusia berfungsi  mengeluarkan sisa metabolisme berupa sampah yang mengandung racun berbahaya. Namun alat-alat tersebut sering mengalami gangguan karena adanya kelainan dan penyakit. Misalnya,  ginjal dan kulit dapat mengalami gangguan.


kelainan,gangguan,kulit
Pada umumnya kelebihan produksi kelenjar keringat dan minyak menjadi awal timbulnya kelainan dan gangguan pada kulit manusia. Kondisi ini akan dimanfaatkan oleh jamur dan bakteri yang ada kulit. Dua hal ini tentu saja karena kurang menjaga kebersihan kulit.

Berikut ini disajikan secara singkat beberapa kelainan dan gangguan yang umum terjadi pada kulit manusia.

1.Jerawat
Kelainan dan gangguan pada kelenjar minyak dapat menimbulkan penyakit jerawat. Kelenjar minyak terdapat pada lapisan kulit jangat (dermis) tepatnya di sekitar batang rambut. Kelenjar ini menghasilkan minyak untuk melemaskan rambut dan menjaga kulit dari kekeringan.

Produksi kelenjar minyak yang berlebihan ke permukaan kulit bisa menimbulkan jerawat jika pada kulit yang tidak bersih. Jerawat tidak hanya menyerang wajah, namun dapat muncul pada bagian kulit lain seperti bagian dada atas dan punggung.


2.Eksim
Penyakit eksim ditandai dengan memerahnya kulit, kering dan gatal-gatal. Penyebab eksim adalah aktivitas perlindungan terhadap bakteri dan jamur kulit.

3.Biang keringat
Biang keringat terjadi karena tersumbatnya kelenjar keringat oleh sel-sel kulit mati yang tidak terbuang secara sempurna..

4.Panu dan Kurap
Panu disebabkan oleh jamur karena kulit kurang terjaga kebersihannya. Sedangkan kurang disebabkan oleh parasit dermatofit.

5.Kutu air
Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang tumbuh dan berkembang pada kondisi lingkungan lembab dan hangat. Misalnya saat memasang sepatu yang lembab.

6.Abses (bisul bernanah)   
Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri akibat terluka oleh jarum suntik.

Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu siswa yang belajar konsep sistem ekskresi khususnya. Tentu saja dapat memperbaharui pengetahuan pengunjung blog ini pada umumnya.

-----------

Butuh Jasa Angkutan Barang Pindahan Bandung Murah 08122110949

Hubungi Kami :
Kontak Mobil Pickup Bandung
Bang Qee Praso : Tlp/Wa/Sms : 08122110949
Line: angkutanbandung.com